Home » » Grace Hopper, Sang Programmer Wanita Legendaris

Grace Hopper, Sang Programmer Wanita Legendaris

Written By Kamaludin on Monday 13 October 2014 | 16:31

Grace Hopper
Hopper pada Januari 1984


Grace Hopper, Sang Programmer Wanita Legendaris - Siapakah Grace Hopper itu ? Mungkin banyak dari kita yang tidak mengenalnya.

Grace Murray Hopper (9 Desember 1906 - 1 January 1992) adalah seorang ilmuwan komputer dan Laksamana Angkatan Laut AS. Hopper adalah pelopor dari bahasa pemrograman komputer modern yang diciptakan pada tahun 1959. Hopper juga dianggap sebagai pelopor istilah "debugging" yang digunakan untuk memperbaiki gangguan pada komputer (terinsprirasi dari ngengat yang ditemuinya pada komputernya).

Karena banyaknya prestasi dan pangkat yang diperolehnya dia dijuluki dengan "Amazing Grace". Bahkan kapal penghancur milik Angkatan Laut AS dinamai dengan namanya yaitu USS Hopper (DGG-70),  begitu juga dengan nama superkomputer "Hopper" XE6 milik NERSC (National Energy Research Scientific Computing Center), dan ruang belajar di Chalmers University of Technology di Gothenburg, Swedia.

Hopper terlahir dengan nama Grace Brewster Murray di New York City. Dia adalah anak tertua dari tiga bersaudara. Sejak kecil Hopper adalah anak yang selalu ingin tahu. Ia kuliah di Vassar College dan lulus pada tahun 1928 dengan gelar sarjana dalam bidang matematika dan fisika, dia juga meraih gelar master dari Universitas Yale pada tahun 1930. Dia kemudian menikah dengan Vincent Foster Hopper seorang profesor di New York University pada tahun 1930 sampai perceraian mereka pada tahun 1945. Setelah itu Hopper tdak menikah lagi samapi akhir hayatnya.

Pada tahun 1943 di era perang dunia II, Hopper bergabung dengan Angkatan Laut AS. Karirnya di angkatan laut berkembang pesat seiring kecerdasan nya di bidang komputer dan sains. Sehingga di penghujung karirnya dia dipercaya menyandang pangkat Laksamana, yang setara dengan pangkat Jenderal di Angkatan Darat.

Grace Murray Hopper dengan papan ketik UNIVAC, 1960


Pada tahun 1950-an Grace merintis sebuah pekerjaan yang pada akhirnya menjadi pembuka jalan bagi perkembangan bahasa komputer modern. Ia mengembangkan sebuah kompilator pertama untuk bahasa pemrograman komputer. Hopper dan departemen nya merilis beberapa bahasa pemrograman berbasis kompilator pertama, termasuk MATH-MATIC dan FLOW-MATIC. Setelah itu dia bersama mantan karyawan nya mengembangkan bahasa pemrograman baru yang dikenal dengan COBOL.

Grace Hopper meninggal pada tahun 1992 di Virgina AS pada usia 85 tahun. Sepanjang hidunya dia telah menerima sekitar 40 gelar kehormatan dari berbagai Universitas di seluruh dunia.

1 comments:

makasih atas pengetahuannya gan, sangat bermanfaat buat saya yang masih awam dunia maya. kalau agan bersedia, mohon bagiin ilmu agan di forum bola dan dewasa milik ane dong gan.

Forum Bola
Forum Dewasa
Forum Sepakbola

Silahkan berikan komentar, kritik atau saran anda