Home » » 5 Film Bertema Tentang Hacker

5 Film Bertema Tentang Hacker

Written By Kamaludin on Tuesday 7 October 2014 | 00:29

5 Film Bertema Tentang Hacker - Hacker merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi apalagi bagi anda yang familiar dalam dunia komputer bahkan orang tidak mengenal dunia komputer pun pasti pernah mendengar istilah Hacker, tapi sebenarnya apakah anda tahu yang dimaksud hacker itu ? Jika belum perhatikan kutipan berikut :
Hacker atau peretas adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotifikasi oleh tantangan. (Wikipedia)
Atau yang lebih mudahnya hacker adalah orang yang mempunyai keinginan untuk mengetahui secara mendalam kerja dari suatu system komputer atau jaringan komputer.

Dan kali ini saya akan membagikan beberapa film yang mengangkat sisi hacker ke layar lebar. Tentu sangat seru dan menegangkan bukan ? jika kegiatan hacker yang dinilai merusak dijadikan sebuah film yang menghibur. Memang anda tentu tidak diajarkan cara coding, root atau teknik rahasia lain untuk menjadi seorang hacker melalui film ini, tapi saya harap film ini bisa dijadikan pelajaran, hiburan atau pun motivasi untuk anda. Kebanyakan film ini hanya merupakan sebuah karya fiksi yang ceritanya mengangkat dunia hacking. Sebenarnya banyak film yang bertemakan hacker bahkan berjumlah puluhan, tapi kali ini saya hanya membagikan beberapa saja yang menurut saya wajib dan harus anda tonton, khususnya bagi anda pecinta dunia komputer atau hacking.

Kisah para hacker jenius memang menuai banyak perhatian banyak orang. Menarik kiranya jika melihat aksi mereka menjebol sebuah sistem komputer yang canggih. Hollywood pun cukup sering membuat film yang mengisahkan para hacker dengan otak encer ini. Beberapa di antaranya mendapat kesuksesan secara kualitas maupun peforma di box office

Berikut ini daftar beberapa film tentang hacker yang sudah Freewelkin susun, saya juga telah menyertakan link download untuk membantu anda yang ingin menonton film tersebut (Silahkan klik judul untuk mendownload).


Hackers (1995)

Film HackersFilm ini saya rasa cukup populer karena dibintangi juga oleh Angelina Jolie selain cerita yang mengangkat dunia hacker. Awalnya seorang anak kecil berusia 11 tahun yang menggunakan nick ZeroCool ditangkap oleh FBI dengan tuduhan telah membuat crash 1507 komputer dalam satu hari. Kemudian dia dihukum dengan tahanan rumah, denda $45.000 dan dilarang memegang telepon dan komputer sampai usianya 18 tahun, setelah 7 tahun ZeroCool pindah ke New York disana dia tidak bisa melepaskan kebiasaan nya meretas system, ZeroCool bertemu dengan sekelompok hacker dan melakukan pertandinga menghack akun seorang agen FBI yang telah menangkap salah satu rekan mereka. Terapi ada konspirasi jahat tentang pencurian uang $25.000.000 yang melibatkan hacker blackhat yang menyamar sebagai security konsultat, bagaimanakah jalan cerita selanjutnya ? langsung saja tonton film nya.


WarGames (1983)

Film WarGamesIni film memang sudah sangat lama, namun termasuk salah satu film yang banyak di tonton. Film ini menceritakan seorang remaja SMA yang menggunakan kemampuan hackingnya untuk merubah database data nilai sekolah nya, selain itu dia melakukan teknik wardialing yaitu menelepon ke seluruh nomor telepon di kotanya untuk mendapat akses internet gratis dan mengakses server tertentu dll. Suatu hari tanpa sengaja dia menemukan sebuah game yang tanpa dia sadari terhubung ke server Departemen Pertahanan USA dan secara tidak sengaja dia mengaktifkan rudal nuklir ke Rusia, bagaimanakah kelanjutan nya? apakah akan terjadi perang nuklir dan terjadi perang dunia III ? langsung tonton saja ya film nya.




Die Hard 4: Life Free or Die Hard (2007)

Film Die Hard 4Sepertinya orang-orang sudah tahu, film ini mengisahkan seorang polisi yang tak bisa mati-mati yang diperankan oleh Bruce Wilis selain itu, ceritanya mengisahkan tentang sekelompok hacker super atau teroris cyber yang berencana untuk hack komputer FBI dan mengambil alih beberapa infrastruktur teknologi AS. Jika anda menyukai aksi seru dan petualangan film ini mungkin cocok untuk anda







Takedown (2000)

Film Takedown 2000Menceritakan tentang salah satu hacker legendaris dunia yaitu Kevin Mitnick atau yang menyebut dirinya The Condor. Di film ini Kevin  berhadapan dengan seorang hacker bernama Tsutomo Shomomura, diceritakan bahwa Kevin berhasil menghack komputer milik Tsutomo mengambil seluruh file disana dan menghapusnya. Menurut pengakuan Kevin dia berniat untuk memiliki kode nokikel milik Tsutomo, tetapi secara tidak sengaja Kevin juga mendapatkan kode worm milik Tsutomo. Terjadilah pengejaran yang dramatis antara Kevin, Tsutomo dan FBI menggunakan kecanggihan program milik Tsutomo, kalau penasaran langsung tonton film nya.





Antitrust (2001)

Film Antitrust 2001Adalah sebuah cerita fiktif dua orang yang ahli komputer idealis yang bersahabat. Setelah lulus dari Standford Milo dan Teddy di tawari pekerjaan di NURV sebuah  perusahaan yang dipimpin Gary yang berambisi untuk menguasai dunia dengan menghalakan berbagai cara.Milo menerima pekerjaan sedangkan Teddy tidak, menurutnya "Ilmu itu untuk orang banyak dan tidak diperjual belikan" Setelah beberapa waktu Teddy terbunuh dan dalang semua itu adalah Gary yang tak mau tersaingi oleh kecerdasan Teddy dalam mengolah komputer. Milo pun langsung menyelidiki siapa pembunuh sahabatnya tersebut, apakah MIlo berhasil mengungkap kasus tersebut ? langsung tonton saja film nya. 








Sebenarnya masih banyak film lain yang membahas tentang dunia hacker, namun saya rasa daftar di atas sudah cukup untuk mewakili dunia hacker sebenarnya. Sekali lagi saya ingatkan anda mungkin tidak bisa belajar untuk menjadi hacker melalui sebuah film, film hanya kita gunakan sebagai  referensi saja dan sebagai sebuah hiburan untuk mengenal apa yang namanya dunia hacker. mungkin anda bisa mengenal nama istilah atau teknik yang digunaan tentunya dengan setuhan film Hollywood.

Semoga apa yang sudah saya sampaikan di atas bisa bermanfaat untuk anda. Dan satu yang perlu anda ingat Tidak ada sistem apapun yang benar-benar aman. Jika anda mempunyai referensi film lain tentang hacker yang lebih menarik sekiranya anda bersedia membagikan nya melaui kotak  komentar di bawah.

Terima kasih atas kunjungan anda. Wassalam.

1 comments:

makasih atas pengetahuannya gan, sangat bermanfaat buat saya yang sedang belajar BLOG. kalau agan bersedia, mohon bagiin ilmu agan di forum bola dan dewasa milik ane dong gan.

Forum Bola
Forum Dewasa
Forum Sepakbola

Silahkan berikan komentar, kritik atau saran anda